Nama Hari Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Arab dan Korea Dalam Excel Bersamaan

Ini adalah cara untuk menampilkan hari dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Arab dan Korea menggunakan Rumus serta Kode LCID

Secara default Excel akan menampilkan hari kedalam 2 bentuk saja yaitu angka serta teks. Khusus untuk teks memang akan sangat terkait dengan bentuk bahasan yang digunakan.

Bahasa dalam Excel tentu juga sudah ditentukan secara default masalahnya adalah bagaimana jika tampilan nama hari bahasanya tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Ada beberapa cara untuk mengatur Format Excel terkait dengan default bahasa tertentu dan akan diubah kedalam bahasa lain.

Pengaturan default tersebut satu diantaranya bisa digunakan pada penggunaan nama hari dalam bentuk teks.

Memang bentuk tampilan angka tidak serumit teks karena pada angka hanya terdiri dari 2 format saja. Kedua format untuk hari dalam bentuk teks adalah apakah tanggal 1 - 9 akan menggunakan 1 digit atau 2 digit angka.

Sebelum membahas bagaimana cara menampilkan hari kedalam beberapa bahasa mari kita bahas defaultnya terlebih dahulu.


Default Nama Hari Dalam Excel


Terkait dengan nama hari tentu default yang digunakan dalam Excel akan mengikuti setting Language pada Komputer kita.


Menampilkan Hari Indonesia, Inggris, Jepang, Arab dan Korea Dalam Excel


Setting bahasa atau Language ini letaknya pada pada Regional and Language yang ditempatkan pada Control Panel.

Jika Regional and Langauge menggunakan Indonesia pada pilihan formatnya maka nama hari yang muncul secara default adalah hari Indonesia.

Sebaliknya jika Regional and Language menggunakan pilihan English maka format default untuk nama hari tentu saja adalah bahasa Inggris.

Cara mengatur perubahan pada bahasa tersebut memerlukan pengaturan format khususnya tanggal.

Adapun cara mengatur format tanggal memang bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara.

Lalu, apakah cara tersebut satu diantaranya bisa untuk mengubah bahasa pada nama hari ?


Mengubah Hari Kedalam Beberapa Bahasa Dalam Excel


Menampilkan hari dalam Excel secara default memang akan tergantung kepada Regional and Language yang digunakan pada Komputer. Bisa muncul hari Indonesia dan bisa juga hari bahasa Inggris atau bahasa lain.

Lalu, apakah bisa menampilkan hari kedalam beberapa bahasa sekaligus ?

Jika hanya menampilkan hari secara default saja maka tentu hanya satu bahasa yang bisa digunakan dalam Excel.

Tapi, jika memang ingin menampilkan hari kedalam beberapa bahasa secara bersamaan dalam Excel tentu bisa dilakukan dan ada solusinya.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Contoh Menampilkan Hari Dalam Beberapa Bahasa


Pada contoh diatas adhwebsite.com menggunakan Regional and Language Indonesian sehingga hari yang muncul secara default adalah bahasa Indonesia.

Tapi pada sheet yang sama adhwebsite.com juga sudah menampilkan hari kedalam beberapa bahasa yaitu Indonesia, Inggris, Jepang, Arab dan korea.

menampilkan hari kedalam bahasa Indonesia, Inggris, Arab, Jepang, dan Korea secara bersamaan tentu menggunakan format tersendiri.

Adapun pada rumus diatas sudah ditambahkan kode LCID dan kode tersebutlah yang akan mengatur nama hari ditampilkan kedalam bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Arab, Korea atau negara lain meskipun Regional and Langauge adalah Indonesian. 

Konsep pada gambar diatas bisa juga diterapkan jika ingin menampilkan hari, tanggal, bulan dan tahun dalam Excel secara berurutan dengan lengkap.


1. Kode LCID Untuk Nama Hari Dalam Excel


Sebelum membahas rumus yang digunakan mari kita lihat kode apa saja yang digunakan untuk menampilkan hari kedalam bahasa diatas.

LCID adalah kode yang sudah ditetapkan secara Internasional terkait dengan pengolahan tanggal dan satu diantaranya digunakan pada Microsoft Excel.

Karena LCID ini terkait dengan pengolahan tanggal maka kita bisa memanfaatkan untuk menampilkan hari kedalam beberapa bahasa secara bersamaan.

Selanjutnya untuk kode LCID yang digunakan pada nama hari diatas adalah sebagai berikut : 

  • Indonesia : 0421
  • Inggris : 0409
  • Jepang : 0411
  • Arab : 0401
  • Korea : 04012

Selain kode diatas ada banyak LCID yang bisa digunakan karena memang satu negara akan memiliki satu kode untuk setting pada tanggal dalam Excel.


2. Rumus Hari Indonesia, Inggris, Jepang, Arab dan Korea


Secara umum memang kebutuhan hari dalam Excel akan terkait dengan bahasa Indonesia saja. Setidaknya ini yang banyak digunakan oleh pengguna Excel di Negara kita.

Tapi sebenarnya konsep hari tidak terbatas hanya pada menampilkan hari bahasa Indonesia saja tetapi bisa juga dengan bahasa lain secara bersamaan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Tapi jika memang hanya akan menampilkan hari bahasa Indonesia saja silahkan gunakan default pada Excel tidak perlu menggunakan LCID.

LCID hanya digunakan jika ingin menampilkan hari selain dari default yang digunakan saja atau berbeda bahasanya.

Selanjutnya kode LCID ini bisa digunakan pada rumus atau Custom Number melalui menu Format Cells.

Pada artikel ini adhwebsite.com hanya akan menggunakan kode LCID pada rumus Excel TEXT saja.

Jika akan menampilkan hari bahasa Indonesia menggunakan LCID rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0421]dddd")


Rumus diatas digunakan jika default hari yang digunakan asumsinya adalah bukan Indonesia. Jika defaulnya sudah Indonesia tentu tidak perlu menggunakan LCID.

Jika ingin menampilkan hari bahasa Inggris menggunakan LCID maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0409]dddd")


Jika ingin menampilkan hari bahasa jepang menggunakan LCID maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0411]dddd")


Jika ingin menampilkan hari bahasa Arab menggunakan LCID maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0401]dddd")


Terakhir, jika hari akan ditampilkan dalam bahasa Korea maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0412]dddd")


Dengan menggunakan rumus diatas dan tambahan LCID maka nama hari bisa ditampilkan kedalam beberapa bahasa secara bersamaan.

Jika akan menggunakan Custom Number Format langkahnya sama dengan pembahasan sebelumnya. Kemudian tempatkan format diatas pada kotak Type dan ketik tanggal pada Cell bersangkutan.


Kesimpulan


Tanggal dan hari merupakan format yang sangat penting dalam Excel. Tentu secara default Excel sudah menyiapkan format ini dengan mudah dan sesuai dengan lokasi penggunanya.

Hanya saja default pada deret tanggal serta hari tersebut terbatas pada Regional and Language yang digunakan pada masing - masing Komputer.

Misalnya Regional and Language yang digunakan adalah Indonesian maka tentu default hari akan tampil dalam bahasa Indonesia.

Jika ingin menampilkan hari pada bahasa lain tanpa mengubah default maka kode LCID ini adalah solusinya.

Penggunaan LCID sangat mudah karena cukup dengan menambahkan kodenya saja pada rumus Excel atau Custom Number Format.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang menampilkan hari Indonesia, Inggris, jepang, Arab dan korea dalam Excel secara bersamaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca dan sampai jumpa kembali pada pembahasan selanjutnya.

Post a Comment