2 Cara Mengubah Cell Relatif ke Absolut atau Semi Absolut Dalam Excel

Cara mudah mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut Dengan Tombol $ atau Tombol F4 Dalam Excel

Secara default Excel akan menggunakan jenis Cell Relatif pada alamat Cell saat digunakan dalam Rumus.

Dalam kondisi tertentu kadang kita ingin mengubah Cell Relatif tersebut kedalam jenis Cell Absolut atau cell semi Absolut.

Tentu perubahan tersebut dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data dan satu diantaranya adalah copy paste rumus Excel.

Rasanya sebelum melanjutkan penting untuk disampaikan bahwa sebaiknya kita sudah memahami beda Cell Relatif, Absolut serta semi Absolut karena memang ketiga jenis Cell tersebut memiliki fungsi yang berbeda - beda.

Beda fungsi dari ketiga jenis Cell tersebut bisa mengakibatkan kesalahan pada hasil penggunaan rumus jika memang salah juga dalam memilih jenis Cellnya.

Jika memang belum memahami apa itu cell Relatif, Absolut serta semi Absolut mari kita bahas secara singkat terlebih dahulu sebelum membahas bagaimana cara mengubah jenis cell tersebut.


Apa Itu Cell Relatif, Absolut dan Semi Absolut ?


Cell Relatif adalah jenis default yang diberikan oleh Excel secara langsung pada saat menuliskan alamat Cell tersebut pada rumus.

Jika kita tidak mengubah apapun kedalam alamat Cell tersebut maka jenis ini yang disebut dengan Cell Relatif.


Mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut Dalam Excel


Contoh penulisan Cell Relatif pada rumus Excel misalnya : =SUM(A1:A5) dan pada alamat cell memang tidak ditambahkan unsur atau symbol apapun.

Selanjutnya Cell Semi Absolut adalah jenis Cell yang sudah dikunci posisinya tapi hanya pada baris atau kolomnya saja.

Pada jenis Cell ini tidak akan terjadi perubahan pada saat rumus Excel digeser atau dicopy pastekan pada Cell yang lain.

Contoh penulisan Cell Semi Absolut pada rumus Excel misalnya : =SUM(A$1:A$5) symbol dollar ( $ ) tersebutlah yang disebut dengan cell semi Absolut.

Jika pada Cell Semi Absolut yang dikunci atau ditambahkan symbol dollar hanya pada salah satu apakah baris atau kolomnya maka pada jenis Cell Absolut baik kolom maupun baris akan sama - sama dikunci.

Contoh penulisan Cell Absolut pada saat menggunakan rumus Excel misalnya : =SUM($A$1:$A$5).

Pada jenis cell Absolut ini kolom serta baris sudah dikunci dengan cara ditambahkan symbol dollar ( $ ) pada alamat baris serta kolomnya.

  

Cara Mengubah Cell Relatif ke Absolut atau Semi Absolut


Jika sudah memahami apa itu Cell Relatif, Absolut serta semi Absolut mari kita lanjutkan pada cara mengubahnya.

Jika ingin mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut dalam Excel kita bisa menggunakan 2 cara.

Dua cara tersebut tentu bisa dipilih salah satu diantaranya saja, tapi mohon dicatat bahwa ada cara yang cocok untuk jenis Cell Absolut dan sebaliknya ada juga cara yang cocok untuk Cell Semi Absolut.


1. Mengetik Symbol Dollar ( $ )


Cara yang pertama untuk mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut adalah mengetik symbol dollar ( $ ) pada keyboard komputer.

Cara ini tentu merupakan cara yang paling mudah untuk digunakan karena memang secara langsung akan mengetik symbolnya pada rumus Excel.

Langkah penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Klik atau arahkan mouse pada baris atau kolom yang akan dikunci
  2. Ketik symbol dollar
  3. Tekan Enter

Hanya dengan tiga cara diatas maka symbol dollar ( $ ) pasti akan muncul dan baris atau kolom tentu sudah dikunci sesuai dengan jenis Cellnya.

Cara yang pertama ini sangat cocok digunakan untuk mengubah Cell Relatif ke semi Absolut karena jika ingin mengubah Cell Relatif ke Absolut dengan cara ini maka harus mengetik symbol dollar sebanyak dua kali pada baris serta kolomnya. 


2. Menggunakan Tombol F4


Selanjutnya cara yang kedua untuk mengetik atau mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut adalah dengan menggunakan tombol F4.

Tombol F4 ini memiliki fungsi rahasia dalam Excel dan satu diantaranya adalah untuk mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut.

Langkah mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut dengan tombol F4 adalah sebagai berikut :

  1. Klik atau arahkan mouse pada alamat Cell yang akan dikunci
  2. Tekan Tombol F4
  3. Tekan Enter

Dengan menggunakan tiga langkah diatas maka pada alamat Cell akan otomatis muncul symbol dollar ( $ ).

Symbol dollar tersebut tentu akan mengubah Cell yang awalnya Relatif menjadi Absolut.

Cara yang kedua ini sangat cocok digunakan untuk mengubah Cell Relatif ke Absolut karena symbol dollar ( $ ) yang muncul pada alamat Cell langsung dua yaitu mengunci baris serta kolom.

Jika kita akan mengunci baris atau kolomnya saja maka tentu dengan cara ini kita harus menghapus salah satu symbol dollarnya.

  

Kesimpulan


Pada dasarnya cara mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut dengan dua cara diatas sama - sama mudah.

Hanya saja memang seperti yang disebutkan bahwa ada cara yang cocok untuk mengubah cell Relatif ke Absolut dan ada juga cara yang cocok untuk mengubah cell Relatif ke semi Absolut.

Jika akan mengubah Cell Relatif ke Absolut akan lebih cocok menggunakan cara yang kedua karena symbol dollar akan otomatis muncul pada baris serta kolomnya.

Sebaliknya jika akan mengubah Cell Relatif ke semi Absolut akan lebih cocok menggunakan cara yang pertama karena bisa menyesuaikan apakah baris yang akan dikunci atau justru kolom yang akan dikunci.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara mengubah Cell Relatif ke Absolut atau semi Absolut dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.  

Post a Comment